بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمداً عبده ورسوله، صلى الله عليه وعلى آله وصحبه أجمعين.
Para ikhwah dan juga para akhwat rahimani warahimakumullah, ini adalah sesi yang keempat dari daurah kitab ثلاثة الأصول (Tsalatsatul Ushul) yang ditulis oleh الشيخ محمد بن عبد الوهاب بن سليمان التميمي رحمه الله (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab bin Sulaiman At-Tamimi rahimahullah). Dan insya Allah, kita masuk pada الْأَصْلُ الثَّالِثُ (Al-Asluts Tsalits), pondasi yang ketiga di dalam kitab ini, yaitu mengenal Nabi Muhammad ﷺ.
Landasan Ketiga: Mengenal Nabi Muhammad ﷺ (مَعْرِفَةُ نَبِيِّكُمْ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ)
Ini termasuk ilmu yang wajib dipelajari oleh setiap muslim. Mengenal siapa yang diutus kepada kita sangat erat hubungannya dengan perwujudan tauhid. Karena dengan kita mengenal siapa utusan Allah, maka kita akan sahih dan benar di dalam mengambil ilmu syariat yang berasal dari-Nya. Namun, jika seseorang tidak mengenal siapa yang diutus kemudian mengambil (ajaran) bukan dari utusan Allah, maka tentunya dia akan tersesat.
Kadar Wajib dalam Mengenal Nabi ﷺ
Mengenal beliau juga memiliki kadar wajib. Di antara kadar wajib tersebut adalah:
- Mengetahui Nama Beliau: Mengetahui bahwa nama beliau adalah Muhammad ﷺ. Seorang muslim harus mengetahui nama nabi yang telah diutus kepadanya. Sungguh menyedihkan jika ada seorang muslim yang tidak mengetahui nama nabinya sendiri.
- Mengetahui Status Beliau: Mengetahui bahwasanya beliau adalah hamba Allah dan juga Rasul-Nya (عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ). Beliau adalah seorang hamba, yang berarti beliau bukan untuk disembah, melainkan beliau adalah hamba yang menyembah kepada Allah. Dan beliau adalah seorang Rasul, yang berarti beliau adalah utusan Allah yang harus kita benarkan ucapannya dan kita hormati.
- Meyakini Beliau Penutup Para Nabi: Meyakini bahwa beliau adalah خَاتَمُ النَّبِيِّينَ (penutup para nabi).
- Meyakini Kebenaran Ajarannya: Meyakini bahwasanya apa yang beliau bawa adalah petunjuk bagi manusia dan merupakan sebaik-baik petunjuk.
- Meyakini Al-Qur’an sebagai Mukjizatnya: Meyakini bahwasanya Al-Qur’an, yang merupakan كلام الله (kalamullah – firman Allah), adalah mukjizat yang menunjukkan kebenaran kerasulan beliau ﷺ.
Ini adalah hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Adapun selebihnya—seperti membaca biografi dan sirah beliau, mengetahui sifat-sifat dan ucapan-ucapannya—maka ini adalah tambahan kebaikan yang akan menambah kecintaan kita kepada beliau ﷺ.
Nasab dan Garis Keturunan Nabi ﷺ
“وَهُوَ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ بْنِ هَاشِمٍ، وَهَاشِمٌ مِنْ قُرَيْشٍ، وَقُرَيْشٌ مِنَ الْعَرَبِ، وَالْعَرَبُ مِنْ ذُرِّيَّةِ إِسْمَاعِيلَ بْنِ إِبْرَاهِيمَ الْخَلِيلِ عَلَيْهِ وَعَلَى نَبِيِّنَا أَفْضَلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ.”
(Beliau adalah Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hasyim. Dan Hasyim adalah dari suku Quraisy, dan Quraisy adalah dari bangsa Arab, dan bangsa Arab adalah dari keturunan Nabi Isma’il bin Ibrahim Al-Khalil, atas beliau dan atas nabi kita semoga tercurah sebaik-baik shalawat dan salam).
Beliau adalah pilihan di antara pilihan (المصطفى – al-musthafa). Allah memilih dari keturunan Ismail, kabilah Kinanah. Dari Kinanah, Allah memilih Quraisy. Dari Quraisy, Allah memilih Bani Hasyim. Dan dari Bani Hasyim, Allah memilih nabi kita Muhammad ﷺ. Beliau adalah sayyidu waladi Adam (pemuka anak-anak Nabi Adam).
Kenabian dan Kerasulan Beliau
“وَلَهُ مِنَ الْعُمْرِ ثَلَاثٌ وَسِتُّونَ سَنَةً، مِنْهَا أَرْبَعُونَ قَبْلَ النُّبُوَّةِ، وَثَلَاثٌ وَعِشْرُونَ نَبِيًّا رَسُولًا.”
(Beliau memiliki umur 63 tahun. Di antaranya, 40 tahun sebelum kenabian, dan 23 tahun sebagai seorang nabi sekaligus rasul).
- Menjadi Nabi (نُبِّئَ): Beliau menjadi seorang nabi ketika turunnya Surah Al-‘Alaq: “اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ”. Ketika seseorang diturunkan kepadanya wahyu yang pertama, resmilah dia menjadi seorang nabi.
- Menjadi Rasul (أُرْسِلَ): Beliau menjadi seorang rasul dengan turunnya Surah Al-Muddatsir: “يَا أَيُّهَا الْمُدَّثِّرُ. قُمْ فَأَنذِرْ”.
Catatan tentang perbedaan Nabi dan Rasul: Pendapat yang lebih shahih menyatakan bahwa seorang Nabi diutus untuk menyampaikan syariat sebelumnya kepada kaum yang tidak menyelisihi tauhid. Adapun Rasul diutus dengan risalah baru kepada kaum yang menyelisihi tauhid. Oleh karena itu, rasul yang pertama adalah Nabi Nuh عليه السلام, karena kesyirikan pertama kali terjadi pada zaman beliau.
Inti Misi Dakwah Nabi ﷺ: Tauhid
“وَبَلَدُهُ مَكَّةُ، بَعَثَهُ اللهُ بِالنِّذَارَةِ عَنِ الشِّرْكِ، وَيَدْعُو إِلَى التَّوْحِيدِ.”
(Negeri beliau adalah Makkah. Allah mengutus beliau untuk memberi peringatan dari kesyirikan dan mengajak kepada tauhid).
Ini adalah inti dari apa yang dibawa oleh Nabi kita ﷺ. Dalilnya adalah ayat-ayat awal dari Surah Al-Muddatsir:
- “قُمْ فَأَنذِرْ” (Bangkitlah, lalu berilah peringatan): Maksudnya, peringatkanlah manusia dari kesyirikan dan berdakwahlah kepada tauhid.
- “وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ” (Dan Rabb-mu, agungkanlah): Maksudnya, agungkanlah Allah dengan cara bertauhid.
- “وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ” (Dan pakaianmu, bersihkanlah): Maksudnya, bersihkanlah amalanmu dari kesyirikan.
- “وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ” (Dan berhala-berhala, tinggalkanlah): Ar-Rujz adalah berhala. Meninggalkannya berarti berlepas diri darinya dan dari para penyembahnya.
Lihatlah, dari awal sampai akhir, isinya adalah tentang tauhid. Beliau berada dalam keadaan seperti ini selama 10 tahun, berdakwah kepada tauhid di Makkah. Setelah 10 tahun, beliau di-isra’-mi’raj-kan ke langit dan diwajibkan atas beliau shalat lima waktu. Beliau shalat di Makkah selama 3 tahun, kemudian setelah itu beliau diperintahkan untuk berhijrah ke Madinah.
Hijrah: Makna dan Hukumnya
“وَالْهِجْرَةُ: الْاِنْتِقَالُ مِنْ بَلَدِ الشِّرْكِ إِلَى بَلَدِ الْإِسْلَامِ.”
(Dan hijrah adalah berpindah dari negeri syirik menuju ke negeri Islam).
Hijrah disyariatkan untuk menyelamatkan agama. Hukumnya menjadi wajib atas umat ini dengan dua syarat:
- Seseorang mampu untuk melaksanakannya.
- Ia tidak mampu menampakkan syiar-syiar agamanya di negeri tersebut karena permusuhan dari penduduk atau penguasanya.
Jika salah satu syarat tidak terpenuhi, maka hijrah tidak wajib. Hijrah ini tetap ada dan disyariatkan sampai hari kiamat. Dalilnya adalah sabda Nabi ﷺ, “لَا تَنْقَطِعُ الْهِجْرَةُ حَتَّى تَنْقَطِعَ التَّوْبَةُ، وَلَا تَنْقَطِعُ التَّوْبَةُ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا” (Tidak akan terputus hijrah sampai terputusnya taubat, dan tidak akan terputus taubat sampai matahari terbit dari arah baratnya).
Kehidupan di Madinah dan Kesempurnaan Syariat
“فَلَمَّا اسْتَقَرَّ بِالْمَدِينَةِ، أُمِرَ بِبَقِيَّةِ شَرَائِعِ الْإِسْلَامِ، مِثْلِ الزَّكَاةِ، وَالصَّوْمِ، وَالْحَجِّ، وَالْأَذَانِ، وَالْجِهَادِ، وَالْأَمْرِ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّهْيِ عَنِ الْمُنْكَرِ.”
(Maka setelah beliau menetap di Madinah, beliau diperintahkan untuk melaksanakan syariat-syariat Islam yang lain, seperti zakat, puasa, haji, adzan, jihad, dan amar ma’ruf nahi munkar).
Ini menunjukkan pentingnya dakwah kepada tauhid. Apabila tauhid sudah tertanam di dalam diri seseorang dan masyarakat, maka akan mudah bagi mereka untuk melaksanakan syariat-syariat Islam yang lain. Inilah metode dakwah Nabi ﷺ yang seharusnya menjadi prioritas.
Wafatnya Nabi ﷺ dan Kekalnya Agama Islam
“أَخَذَ عَلَى هٰذَا عَشْرَ سِنِينَ، وَتُوُفِّيَ صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلَامُهُ عَلَيْهِ وَدِينُهُ بَاقٍ.”
(Beliau menjalani ini selama 10 tahun (di Madinah), dan beliau wafat—semoga shalawat dan salam Allah tercurah atasnya—dan agama beliau tetap ada).
Beliau meninggal dunia sebagaimana nabi-nabi sebelumnya. Namun, meskipun beliau wafat, Allah سبحانه وتعالى menjaga agama yang telah beliau sampaikan, karena Allah telah berjanji menjaga Al-Qur’an. “إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ” (Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan sesungguhnya Kamilah yang benar-benar akan menjaganya).
“وَهٰذَا دِينُهُ، لَا خَيْرَ إِلَّا دَلَّ الْأُمَّةَ عَلَيْهِ، وَلَا شَرَّ إِلَّا حَذَّرَهَا مِنْهُ.”
(Dan inilah agama beliau. Tidak ada kebaikan kecuali beliau telah menunjukkan umat kepadanya, dan tidak ada kejelekan kecuali beliau telah memperingatkan umat darinya).
- Kebaikan terbesar yang beliau tunjukkan adalah tauhid dan seluruh ibadah yang dicintai Allah.
- Kejelekan terbesar yang beliau peringatkan adalah kesyirikan dan seluruh kemaksiatan yang dibenci Allah.
Allah mengutus beliau kepada seluruh manusia dan jin, dan Allah telah menyempurnakan agama ini melalui beliau. Dalil atas wafatnya beliau ﷺ adalah firman Allah:
“إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُم مَّيِّتُونَ. ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عِندَ رَبِّكُمْ تَخْتَصِمُونَ”
(Sesungguhnya engkau akan meninggal dunia, dan sesungguhnya mereka juga akan meninggal dunia. Kemudian kalian pada hari kiamat akan berdebat di sisi Rabb kalian).
(Sesi materi keempat berakhir)